Tahukah Anda Khasiat Buah Kelapa Sawit !!!

Minyak yang berasal dari kelapa sawit ada dua macam yaitu dari daging buah (mesocarp) yang dikeluarkan melalui perebusan dan pemerasan dan dikenal sebagai minyak sawit kasar atau crude oil (CPO) dan minyak yang bersal dari inti sawit dikenal sebagai minyak inti sawit atau palm kernel oil (PKO). Komposisi minyak inti sawit ini hampir sama dengan minyak yang dihasilkan dari kelapa. Dari keduanya dapat dibuat berbagai jenis produk lainnya. Pabrik pengolahannya disebut refineri dan akstraksi. Dari sini akan keluar lagi beberapa jenis minyak, ada yang sudah siap pakai dan ada yang harus diolah atau diproses lagi untuk produk lainnya. Penggunaannya untuk bahan makanan, kosmetik, obat-obatan, industri berat atau ringan dan lain-lain.
BAHAN MAKANAN
Dari minyak sawit CPO dan PKO dapat digunakan sebagai bahan baku dari bahan makanan seperti mentega, minyak goreng atau minyak makan, berbagai jenis asam lemak nabati. Teknologi yang digunakan merubah minyak sawit menjadi bahan makanan adalah fractionating, hydrogenation, refining, bleaching dan deodozing. Selain sebagai bahan baku, minyak sawit juga digunakan sebagai bahan penolong (aditif) pembuatan cokelat, es krim, pakan ternak, vanaspati, berbagai jenis asam lemak dan makanan ringan lainnya.
KOSMETIK DAN OBAT
Dari minyak sawit dapat dihasilkan berbagai kosmetik dan obat-obatan seperti Cream, Shampo, Lotion, Pomade, Vitamin. Minyak sawit lebih mudah diabsorpsi kulit dibandingkan dengan minyak lainnya sehingga relatif lebih efektif dalam penggunaannya. Minyak sawit mengandung vitamin E yang disebut sebagai tocopherol dan tocotrienol.
INDUSTRI BERAT DAN RINGAN
Minyak sawit juga dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan oleochemical, baik oleokimia dasar maupun oleokimia turunan seperti glycerol, fatty acid, fatty alcohol, fatty amines, fatty ester, methyl etilene dan senyawa opoksi. Selanjutnya zat-zat ini digunakan sebagai bahan baku beberapa produk seperti cat, bahan pencetak, pasta gigi, farmasi dan obat-obatan, plastik, minyak diesel, kerosene dan gasoline. Juga dapat dihasilkan beberapa senyawa atau zat kimia antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam membatasi pembelahan sel yang tidak sempurna dalam penyakit kanser.
Sebagai bahan penolong minyak sawit melalui proses tertentu dapat berfungsi sebagai :
  1. Lapisan pelindung
  2. Minyak pelumas
  3. Dempul
  4. Medium bahan peyamak kulit
  5. Tinta cetak
  6. Makanan hewan
  7. Perekat insectisida
  8. Plasticizer dan surfactant
  9. Senyawa buffering
CINTA : Ok Kelapa sawit jarang dimakan mentah ye.Selalunya ia perlu diproses menjadi sesuatu seperti diatas dulu baru boleh digunakan.Semoga artikel buah kelapa sawit ni dapat menambah ilmu kita semua.

Tahukah Anda Khasiat Buah Kelapa Sawit !!! Tahukah Anda Khasiat Buah Kelapa Sawit !!! Reviewed by C.I on June 23, 2015 Rating: 5

1 comment:

Powered by Blogger.